Kamis, 02 Mei 2013


Idfb challenge#10



LAPIS LEGIT KUKUS

Tantangan idfb Challenge #10 membuat KUE BERLAPIS atau LAYER CAKE. Lapis legit kukus pilihan saya dalam tantangan ini, sebenarnya pengen sekali membuat lapis legit yang dioven dikarenakan sikecil mungil yang selalu dekat dengan bundanya jadi belum berani menggunakan oven yang ada api atasnya takut si kecil ikut-ikutan.


Lapis legit salah satu cake Indonesia cake klasik sepanjang jaman yang tetap bertahan pada saat ini dan termasuk cake yang banyak digemari karena legit dan kelezatannya. Lapis legit terkenal dengan cake hantaran yang bergengsi , mempunyai nilai lebih dan sensasional karena komposisi bahannya yang tidak murah tentunya. Bagi warga keturunan Tionghoa di Indonesia, lapis legit dipercaya sebagai simbol dari kemakmuran yaitu lambang dari rejeki yang berlapis-lapis seperti tampilan lapis legit itu sendiri. Maka cake ini sering menjadi hantaran dalam perayaan tradisi besar seperti Imlek ataupun hantaran pernikahan dalam tradisi warga keturunan Cina di Indoesia. Menjelang sebuah perayaan besar seperti Idul Fitri, Natal dan Tahun baru lapis legit menjadi primadona cake hantaran yang laris manis.
Lapis legit mempunyai aroma yang khas, aroma rempah bumbu spekuk yang terdiri dari kayu manis, kembang pala dan cengkeh berpadu menjadi satu membuat harumnya cake klasik ini.
Jaman dulu orang membuat lapis legit dengan alat pemanggangan yang sederhana menggunakan bahan bakar arang. Seiring dengan kemajuan teknologi masa kini orang membuat lapis legit menggunakan oven gas api atas atau dengan oven listrik. Untuk mempermudah proses pemanggangan lapis legit ternyata ada oven khusus untuk membuat lapis legit.
Lapis legit pada saat ini sangat variatif, salah satunya lapis legit kukus. Jangan kwatir apabila tidak mempunyai oven api atas, bukan berarti tidak bisa membuat santapan cake klasik ini. Lapis legit kukus bisa menjadi alternatif hidangan yang lezat. Cara membuatnya tidak jauh beda dengan lapis legit panggang hanya mengukus selapis demi selapis dengan menggunakan kompor biasa dan alat pengukus, lebih mudah tetapi perlu  ketelatenan dalam pengukusan lapis legit selapis demi selapis.


Tips membuat lapis legit kukus adalah pengocokan margarine dengan menggunakan speed rendah sampai putih. Pengocokan adonan telur harus kental berjejak. Loyang dilapisi kertas roti tanpa dioles dengan apapun. Penutup kukusan jangan lupa dibungkus dengan taplak meja yang tebal untuk menghindari uap air menetes ke adonan yang akan menyebabkan lapisan menjadi kurang menarik. Ayak terigu, susu bubuk, baking powder sebelum dicampur dengan adonan lapis, agar tidak terjadi penggumpalan. Adonan lapis legit jangan diletakkan disamping kukusan untuk menghindari adonan menjadi encer waktu di kukus. Proses pengukusan menggunakan panas sedang dengan api kecil untuk menghindari permukaan cake yang bergelombang atau merekah. Meratakan adonan cukup menggunakan punggung sendok makan.

Lapis legit kukus
Resep: Tabloid Saji
Untuk 30 potong

Bahan:
200 gram margarine
2 ½ sendok makan susu kental manis
40 gram susu bubuk
8 butir  telur
200 gram gula pasir
1 sendok makan emulsifier (TBM/SP)
200 gram tepung terigu protein sedang
½  sendok teh baking powder
½ sendok teh esens vanilla (saya pakai esens almond)

Bahan taburan (aduk rata):
½ sendok makan coklat bubuk
1 sendok makan bumbu spekuk

Cara membuat:
1.    Kocok margarine sampai lembut. Tambahkan susu kental manis. Kocok rata sisihkan.
2.    Kocok telur, gula pasir dan emulsifier sampai mengembang. Masukkan tepung terigu, susu bubuk, dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata. Tambahkan esens vanilla. Aduk rata.
3.    Tuang sedikit-sedikit ke kocokan mentega sambil diaduk perlahan. Ambil 75 gram adonan (saya ambil 150 gram adonan). Ratakan di Loyang 20x20x7 cm yang dialas kertas roti tanpa dioles margarine. Ayak tipis bahan taburan.
4.    Kukus 5 menit di atas api sedang. Tuang lagi 75 gram adonan. Ayak tipis bahan taburan. Kukus 5 menit sampai matang.
5.    Lakukan sampai adonan habis. Untuk lapisan terakhir dituang, kukus 10 menit sampai matang.



Dengan metode yang tepat dan sesuai resep, membuat santapan di dapur menjadi mudah.

Semoga berhasil dan bermanfaat.

2 komentar:

laura daura mengatakan...

lapis legit kukus nya mengundang bngt mba...:-)

Maya Efendy mengatakan...

Mengundang Mbak Laura bikin lapis legit kukus ya he...he...terima kasih sudah mampir di blogku yg simple ya Mbak :)