Selasa, 18 Februari 2014

TAHU BAKSO SAKURA





Setelah buka inbox di Facebook ternyata ada undangan dari Mbak Ellen Widyasari salah satu juragan tumpeng yang sukses dan ownernya Dapur Ibu. Acaranya “Ngeliwet Bareng”, syukur Alhamdulillah saya bisa hadir. Terima kasih buat Mbak Ellen atas undangannya. Salah satu potluck yang saya bawa tahu sakura,  identik dengan topping telur puyuh, berhubung bosan dengan telur puyuh akhirnya muncul ide, saya ganti dengan bakso dan jadilah “Tahu Bakso Sakura” idenya terinspirasi dengan tahu bakso. Semoga potlucknya berkenan dan rasanya cocok buat ibu-ibu yang semuanya pinter masak dengan kreasi makanannya semua enak-enak.

Sekilas tentang potluck “Ngeliwet Bareng” ada dibawah ini ya, ada Bongko mento, getuk, kue pancong, kue pepe, risoles, ayam keeling, pukis Banyumas, pepes, cilok, cireng, buah menteng, kue cucur, jengkol dan masih banyak lagi. Special dari tuan rumah nasi liwet komplit ada empal, sayur asem, ikan asin, sambal yang pedasnya mantap, petai tak ketinggalan. Wah....terbayang kan betapa serunya.....




Sebelumnya minta maaf yang tayang hanya fotonya saja, ha...ha...bikin ngiler aja.Akhirnya sekarang baru punya kesempatan ngeblog lagi berhubung demam dan ada kerjaan yang harus saya selesaikan. Walaupun batuk tetap kudu semangat. Yang menanti resep silahkan mencoba ya, gampang kok……. 


Tahu Bakso Sakura ala Pawon Ayu
Resep by Maya Efendy
Untuk 52 buah

Bahan-bahan:
  • 5 buah tahu putih, haluskan
  • 3 buah wortel ukuran sedang, diserut.
  • Daun bawang iris halus
  • Daun seledri iris halus
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • 3 butir telur kocok lepas
  • 21 butir bakso sapi potong dua
  • ½ sendok teh merica bubuk

Bumbu halus:
  • 8 butir bawang merah goreng
  • 6 siung bawang putih goreng
  • ½ sendok teh merica butiran

Bahan pencelup (kocok lepas):
  • 3 butir putih telur
  • 2 sendok makan air matang

Bahan tambahan:
  • Cabe rawit hijau atau saus sambal

Cara membuat:
  1. Siapkan cetakan sakura. Sisihkan.
  2. Campur tahu dengan bumbu halus, garam, gula dan bubuk lada, aduk sampai merata, diamkan selama 15 menit agar bumbu meresap.
  3. Tambahkan  serutan wortel, daun bawang, daun seledri. Campur dan aduk rata.
  4. Tambahkan telur aduk lagi sampai rata.
  5. Masukan campuran tahu ke dalam cetakan sakura. Atasnya tambahkan potongan bakso.
  6. Kukus selama 30 menit. Diamkan sampai uap panasnya hilang. Lepaskan dari cetakan.
  7. Celupkan tahu yang telah dicetak di dalam bahan pencelup. Goreng dengan minyak yang panas dengan api sedang. Setelah kekuningan. Angkat. Tiriskan.
  8. Sajikan dengan cabe rawit atau saus sambal.


Selamat mencoba.



6 komentar:

andrianykh mengatakan...

resepx dong mba..

Maya Efendy mengatakan...

@Mbak Andrianykh.....maaf baru sempat sekarang gara-gara saya demam dan sekarang masih batuk. Kerjaan numpuk...nah lho kok malah curcol maaf ya Mbak, resep sudah tersedia ya, terima kasih :)

Anonim mengatakan...

Sore Mba Maya...
Resepnya udah aku praktekin dan hasilnya enaaakkk, mau sedikit cerita boleh ya mba hihihi, pertama bikin rasnya msh kurang pas, tus dapet telpn dari sodara mau pesen tahu yg biasa aku bawa kerumahnya pesen di tetangga sblh, dpt telpon gt aku beraniin diri utk bilang aku juga udah bisa bikin sendiri ko pdhl di ati msh ragu2 juga antara dibikin sendiri/ pns ama tetangga krn pesenya tuh 200 biji, dengan modal nekat akhirnya aku bikin sendiri dibantu sama suami, sebelum eksekusi yg 200 biji aku bikin sekali lg dan rasanya udah mendekati yg biasa jualan, pas eksekusi resepnya dibaca lg tuh ama suami, eeee ternyata bawangnya digoreng dulu ya mba heheheee aku ketawa sendiri deh tuh ternyata salah baca resep, dan hasil tahu yg bawangnya aku goreng dulu ternyata lebih enak dari tetangga yg biasa jualan, dan insya allah kamis besok ada pesenan lg 70 biji, makasih ya mba resepnya n mohon maaf belum ijin udah aku praktekin nih, semoga keluarga mba maya selalu diberika kesehatan spy bisa sll bagi ilmu melalui resep2, sebenarnya resep ini udah lama aku cari tp gak nemu2 alhamdulillah mba maya posting langsung deh resepnya dicatet dan di praktekin, maaf mba jadi ngalor ngidul gak karuan nih,*cium tangan mba maya * fitri jakarta (yg pernah komen jg di resep mie konyol)

Maya Efendy mengatakan...

Selamat malam mbak Fitri, maaf baru bisa balas klo malam. Senang sekali saya baca ceritanya mbak Fitri, Alhamdulillah ya cocok dengan resepnya dan bisa menghasilkan. Betul sekali bawangnya digoreng dulu rasanya lebih gurih dan benar2 matang bumbunya, gak bau mentah. Sukses selalu dan semoga saya doakan laris manis, salam buat keluarga ya, peluk cium dari saya :)

a-pik batiek mengatakan...

Aku mo coba ahh,,mo ada arisan keluarga makasih yaaaa

Maya Efendy mengatakan...

Terima kasih juga sudah mampir. Silahkan Mbak A-pik batiek, semoga sesuai dengan selera ya....