Minggu, 14 September 2014

HOMEMADE MANGO ICE CREAM




Bulan September ini udaranya sungguh sangat panas dan banyak debu. Tempat tinggal saya jangan ditanya debunya, banyak........ apalagi dekat dengan jalan raya, debu ada dimana-mana. Karena cuaca dan debu yang tidak bersahabat membuat tenggorokan serasa cepat kering, pinginnya yang dingin-dingin dan segar. Pikiran saya selalu tertuju ke es krim klo di tempat asal saya biasanya orang latah menyebutnya es grem he...he....dulu ikutan juga semenjak tinggal di Jakarta sudah terbiasa es krim, terkadang pernah bilang es grem suami saya selalu tertawa kok bisa ya es krim bacanya es grem, bahasa inggris logat jawa qiqiqiiii....

Setelah melihat stok Haan wippy cream di lemari rasanya es krim kudu segera terwujud nih gak pake ntar sok. Setelah browsing ketemu blog favorit saya blognya Mbak Nina dan mbak Isna dengan judul Homemade strawberry ice cream. wuidihhhh.....menggiurkan tapi buah strawberry saya ganti dengan buah mangga gedong gincu, dan itu pun tinggal satu buah, kepikir es krim dengan khas wangi mangga gedong gincu nan seksi dan jadi favorit keluarga besar saya. 

Nok Ness so pasti doyan sekali. Nyobain bikin satu resep, dan rencana membuat es krim ini untuk dibawa ke rumah eyang mami dan untuk keponakan saya Otin dan Selda. Ternyata gak jadi datang dan akhirnya kita menikmati bareng eyang, ayah, budhe, pakdhe dan tantenya nok ness. Katanya eyang mami, ayah dan nok ness, es krimnya enak tapi menurut budhe Heni agak kekentalan. Seruuuu rasanya di cuaca yang panas kita menikmati es krim rame-rame. Es krimnya wangi dan lembut, Alhamdulillah selama di perjalanan es krimnya gak mencair. Waktu menikmati es krim ini dikirain eyang es krim durian, saya bilang bukan eyang ini es krim mangga gedong gincu oalah.....makanya enak lha mangganya aja mangga enak dan mahal. qiqiqii.....Ntar klo mangga depan rumah eyang berbuah dan udah matang dibikin es krim ya bunda nessa. Siapppp eyang.
  


 
HOMEMADE MANGO ICE CREAM
Resep Sajian Sedap

Bahan-bahan:
150 gram mangga, dicuci bersih, kupas
150 gram susu kental manis putih 
1 sendok teh air jeruk lemon 
150 gram krim bubuk 
300 gram air es 

Cara membuat :
  1. Kocok krim bubuk dan air es sampai mengembang. Simpan dalam lemari es.
  2. Haluskan dengan blender mangga, susu kental manis putih, dan air jeruk lemon.
  3. Tuang ke kocokan krim. Kook kembali hingga rata dan lembut.
  4. Simpan di freezer, setelah satu jam dikocokkembali hingga lembut.
  5. Tuang ke dalam wadah kedap udara atau jika menggunakan loyang alasi dengan aluminium foil.
  6. Simpan dalam freezer. setelah membeku
  7. Ambil es krim menggunakan scoop es krim atau bisa dipotong-potong.
  8. Sajikan dengan topping sesuai selera.

Ternyata mudah kan membuat homemade es krim, selain bahan-bahannya simple. Kita juga bisa variasi resep dengan menggunakan buah-buahan yang ada, vanila flavour, coklat dan masih banyak lagi. Resep ini tanpa menggunakan pewarna tambahan asli warna kuning dari buah mangga. Jika ingin terlihat lebih cantik bisa tambahkan dengan mangga cincang kasar. Berhubung stok mangga tinggal satu jadi saya tidak menambahkan dalam es krim ini. Silahkan mencoba dan menikmati.

5 komentar:

bunda shofiyyah mengatakan...

Ngiler...look's yummy mbk..

Maya Efendy mengatakan...

Bikin Bunda Shofiyyah, ngilernya jadi ketagihan. Terimakasih ya udh mampir di Pawon Ayu :)

fitri mengatakan...

Nyontek resepnya ya mba may, hehe

Maya Efendy mengatakan...

Silahkan mbak Fitri, senang sekali. Semoga seseuai selera ya :)

andrianykh mengatakan...

mau dicoba mbak..kebetulan ada mangga banyak yg dibawa dr rmh ibu... mangganya manis bgt cocok dibuat es cream.. thx resepx mbak...