Jumat, 24 Oktober 2014

KUIH KOLEH KACANG ( Tantangan Kuliner Malaysia MasBar )





Bismillahhirohmannirrohim, ada tantangan baru dari group Masak Bareng atau MasBar. Kali ini tema tantangannya dari negeri Ipin Upin. Wuih......seru ya, buat saya ini adalah kali pertama membuat kuliner Malaysia. Ternyata setelah browsing kue tradisionalnya tidak beda jauh dengan Indonesia, hanya namanya saja yang berbeda dan menurut saya unik deh. Di Malaysia kue menyebutnya kuih, misalnya kuih Bom hampir mirip dengan onde-onde, buah melaka atau onde-onde di Indonesia namanya klepon, kue cucur di Indonesia namanya bakwan dan masih banyak lagi.

Sebenarnya saya tertarik dengan jala mas tapi karena menyesuaikan bahan yang ada saya memutuskan membuat "Kuih Koleh Kacang", karena saya melihat di Blog AZIE KITCHEN penampakannya sedap nian. Saya tertarik juga dengan topping tahi minyak, di Indonesia namanya Blondo atau galendo sebutan orang sunda atau sering disebut ampas minyak kelapa, terbayang kan sedapnya? apalagi dipadukan dengan tepung kacang hijau atau tepung hunkwe yang diolah dengan gula aren, santan dan wangi daun pandan. Warnanya yang coklat duh...duh...sungguh memikat dan menggoda untuk segera menyantapnya.

Ternyata hasilnya sungguh mantap, rasa gurih berpadu dengan legit, aroma wangi khas gula aren dan daun pandan, teksturnya lembut. Sungguh khas kue tradisionalnya terasa, Kuih tradisional Malaysia ini membuat saya ingin membuat lagi karena keluarga saya ternyata suka. Wahhh...bakalan menjadi hidangan favorit juga tentunya he...he...asikkkk menambah koleksi hidangan tradisional khas Melayu. Terima kasih sharing resepnya Kak Azie :)

Tantangan pertama saya adalah membuat tahi minyak terlebih dahulu, jadi teringat Alm Bunda tercinta pernah membuat bareng tahi minyak ini, dan makannya dengan pulut atau ketan, minyaknya untuk campuran sambal. Menurut saya tantangan tahi minyak gak masalah. Saya membuatnya dari satu buah kelapa parut menjadi satu cawan atau satu cup setelah saya ukur 200 ml. Caranya masak santan dengan api kecil, aduk-aduk terus hingga keluar minyak dan ada gumpalan-gumpalan yang mulai menguning dan coklat, lalu saring, tiriskan. Gumpalan-gumpalan kering inilah namanya tahi minyak, setelah matang semerbak harumnya memnuhi dapur. Penasaran kan? resep asli dari blog Kak Azie yang tinggal di Malaysia dan saya menyesuaikan bahan-bahan yang ada di Indonesia.





RESEP KOLEH KACANG
Sumber adaptasi dari resep Azie Kitchen

Bahan-bahan :
Bahan A untuk tahi minyak:
  • 200 ml santan dari 1 butir kelapa
  • Secubit garam
Bahan B (air gula):
  • 200 ml air 
  • 200 gram gula merah aren cincang
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 4 helai daun pandan simpulkan
Bahan C:
  • 150 gram tepung kacang hijau (hunkwe)
  • 400 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 2 sendok makan minyak hasil membuat tahi minyak
Cara membuat:
  1. Tahi minyak : masak santan dan garam, aduk terus hingga ada gumpalan-gumpalan atau ampas dan mengeluarkan minyak. Setelah ampasnya agak kering dan berwarna kecoklatan, angkat dan tiriskan.
  2. Siapkan loyang 20x20 atau sesuai selera, oles tipis dengan minyak dari membuat tahi minyak tadi. Sisihkan.
  3. Air gula: Masak air, gula merah, gula pasir dan pandan hingga mendidih dan gula larut. Saring. Diamkan kurang lebih 1- 2 jam atau hingga dingin.
  4. Adonan C: Setelah air gula dingin. Campur tepung kacang hijau dengan santan secara bertahap dan aduk hingga rata, tuang air gula sedikit-sedikit aduk hingga rata. Tuang ke dalam wajan yang berisi 2 sdm minyak hasil membuat tahi minyak tadi, aduk hingga rata. 
  5. Masak dengan api kecil, aduk terus agar tidak bergerindil hingga warnanya pekat dan mengkilat. 
  6. Setelah matang segera tuang ke dalam cetakan lalu ratakan.
  7. Taburkan dengan tahi minyak. biarkan dingin dengan suhu ruang.
  8. Potong-potong sesuai selera dan sajikan.


SELAMAT MENCOBA DAN MENIKMATI 







Tidak ada komentar: