Jumat, 01 April 2016

CHIFFON CAKE Pecah Merekah

Alhamdulillahhirabbil'alamin.....semangat baking.....
Chiffon adalah cake yang mempunyai tekstur yang halus, lembut dan ringan. Chiffon Cake pertama kali dibuat oleh seorang pegawai asuransi bernama Harry Baker pada tahun 1927.  Seiring dengan tersebarnya berita mengenai cake yang sangat spongy dan lembut ini membuat Harry terus dimintai resep oleh berbagai kalangan tapi selama 20 tahun Harry Baker menyimpan rahasia mengenai pembuatan chiffon cake ini.  Chiffon Cake tidak dibuat massal oleh Harry, dia membuatnya sangat terbatas hanya untuk para bintang Hollywood dan menjualnya khusus di restoran Brown Derby yang sangat terkenal saat itu sebagai makanan penutup.

Hingga pada akhirnya setelah 20 tahun resep Chiffon Cake hanya diketahui oleh penemunya, maka Harry Baker pun menjual resep tersebut kepada General Mills dengan alasan supaya "Betty Crocker", wanita fiksi yang merupakan icon dan nama merk dari anak perusahaan General Mills, dapat menyebarluaskan rahasia pembuatan Chiffon Cake kepada para wanita di AS.
Pada tahun 1948 General Mills resmi menerbitkan resep Chiffon Cake di majalah Better Homes and Gardens, hingga akhirnya terjadi kehebohan massal -,- (bahasanya ngaco nih).  Bahan rahasia yang telah menjadikan cake ini begitu beda dengan cake lainnya akhirnya terbongkar, apalagi kalo bukan minyak sayur. Majalah Better Homes and Gardens menamakan Chiffon Cake sebagai "The first really new cake in 100 years."

Sesuai perkembangan jaman chiffon cake juga mengalami perkembangan dari bentuk, rasa dan warna. Tetapi ciri khas chiffon tidak berubah. Prosesnya pun tetap sama yaitu dengan pengocokan putih telur yang terpisah dengan kuning telur, loyang chiffon tanpa dioles apapun. Biasanya menggunakan loyang khusus bongkar pasang atau bisa juga menggunakan cup kertas yang tebal. 





Setelah membaca Majalah Sedap EDISI I/XVII/2016, saya tertarik melihat bentuk Chiffon cake satu ini, kelihatan menarik dan unik. Setelah membaca judulnya semakin tertarik untuk segera membuat Chiffon Cake pecah merekah. Alhamdulillah setelah membaca resepnya saya segera membeli bahan-bahan yang belum ada di dapur sekalian belanja bulanan. Beli cream of tar tar (CTT) dan sudah ada label halalnya yaitu merk kupu-kupu sesuai dengan informasi teman saya, terima kasih mbak Derry. 

Satu lagi bahan yang belum pernah saya pake untuk membuat chiffon cake selama ini yaitu air soda. Chiffon cake pecah merekah ini menggunakan air soda tawar yang dicampur dengan minyak sayur. Ini adalah salah satu trik untuk membuat chiffon cake ini pecah. Trik yang kedua yaitu permukaan cake dikerat dengan menggunakan cutter dan dioleskan minyak.

Chiffon ini memang sengaja dibuat mekar tetapi tidak terlalu pecah sama sekali hasilnya tercipta chiffon yang cantik, unik dan mengesankan. Tetapi maaf hasil yang saya buat belum secantik aslinya semoga untuk yang kedua kali bisa lebih cantik. Rasa tetap ringan, lembut khas chiffon cake hanya bentuk yang berbeda. Senang sekali membuatnya karena bahan-bahan mudah didapat dan mudah pula membuatnya dan memerlukan waktu yang tidak lama. Tetapi sayang ternyata dalam pemanggangannya kali ini apinya terlalu kecil sehingga kurang merekah.



CHIFFON CAKE Pecah Merekah

Source: Majalah Sedap dengan konversi ukuran

Untuk 7 buah

Bahan:
81 gram tepung terigu protein rendah
15 gram gula pasir
48 gram minyak goreng
54 ml air soda tawar
3 kuning telur
3 putih telur
1/4 sdt garam
1/4 sdt cream of tar tar
45 gram gula pasir
7 buah cup kertas tebal
1 sdm minyak goreng untuk olesan

Cara Membuat:
  1. Ayak tepung terigu. Tambahkan gula pasir. Aduk rata. 
  2. Campur minyak goreng dan air soda tawar. Aduk rata. Tuang ke dalam campuran tepung terigu sambil diaduk rata. 
  3. Tambahkan kuning telur. Aduk rata. Sisihkan. 
  4. Kocok putih telur, garam, dan cream of tartar sampai setengah mengembang. Masukkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok hingga mengembang. 
  5. Tuang ke dalam campuran tepung terigu sambil diaduk perlahan. Tuang adonan ke dalam cup kertas tebal yang bagian bawahnya sudah ditusuk-tusuk dengan tusuk sate. Kerat permukaan kue dengan lidi 8 bagian menyilang. Oleskan permukaan adonan dengan minyak goreng menggunakan kuas. 
  6. Oven dengan api bawah suhu 170 derajat celcius 35 menit sampai matang. 
  7. Letakkan terbalik menggantung hingga dingin.
  8. Sajikan.



Selamat Mencoba dan menikmati.






Tidak ada komentar: