Minggu, 29 September 2013

Cerita dibalik rasa baru duet Singkong dan Yogurt, Idfb Challenge #12 special untuk Ulang Tahun Idfb yang kedua.



PUDDING YOGURT SINGKONG KARAMEL

       IDFB Challenge #12, tantangan kali ini sangat istimewa karena bertepatan dengan HUT ke-2 Indonesian Food Blogger (Idfb) Selamat Ulang Tahun Idfb semoga sukses dan jaya selalu. Tak terasa waktu cepat berlalu untuk berbagi cerita tentang dunia masak dan blogging. Idfb challenge kali ini sungguh berbeda dengan challenge sebelumnya karena Idfb Challenge#12 bekerja sama dengan Omar Niode Foundation dan Heavenly Blush mengajak kita berkreasi resep makanan dengan berbahan dasar singkong dan yogurt, ide memakai bahan dasar singkong ini dicetuskan oleh pihak Omar Niode Foundation dalam rangka merayakan Singkong Day pada tanggal 7 Oktober
     

     
       Singkong Day merupakan salah satu upaya untuk mendorong masyarakat memanfaatkan kembali pangan lokal di Indonesia sebagai kekayaan bangsa yang selama ini terabaikan. Pemanfaatan pangan lokal akan meningkatkan ketahanan pangan sekaligus meningkatkan diversifikasi pangan di Indonesia. Singkong Day pertama kali di perkenalkan oleh 5 Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Peduli Pangan Indonesia pada tahun 2012.
       
         Bayangkan saja berkreasi western dan eastern ho…ho….bagaimana rasa duet yogurt dan singkong ya, wah bukan main…kudu kita buktikan hasilnya. Berbicara tentang singkong so pasti favorit keluarga saya, menurut saya singkong diolah apapun pasti enak. Singkong atau ubi kayu atau ketela pohon adalah akar tunggang dengan sejumlah akar cabang yang kemudian membesar menjadi umbi akar yang bisa dimakan. Umbi ini merupakan sumber energi yang kaya karbohidrat dengan kandungan utamanya pati dengan sedikit glukosa sehingga rasanya sedikit manis. Biasanya pati umbi singkong dibuat tepung tapioka. Begitu juga dengan yogurt selalu ada di lemari es terutama yogurt dengan aneka rasa merupakan minuman yang menyegarkan keluarga saya. Yogurt identik dengan rasa asam dan segar rasanya karena yogurt adalah susu fermentasi atau susu yang sengaja diasamkan dengan menambahkan bakteri lactobacillus acidophilus, streptococcus lactis, dan brevibacterium. Yogurt ada yang kental biasanya plain rasanya dan ada juga yang encer biasanya dengan aneka rasa. Simpan yogurt di dalam lemari es baik yang sudah dibuka maupun belum. Setelah dibuka, sebaiknya yogurt sudah habis dua hari setelahnya. Itu pun tetap harus disimpan di dalam lemari es. Yogurt bisa diolah menjadi berbagai kudapan, selain cake, roti dan pudding, kudapan tradisionalpun tak kalah nikmatnya bila ditambahkan yogurt. Di dalam adonan, sebaiknya yogurt tidak terlalu lama dimasak. Jadi masukkan menjelang adonan diangkat dari api. Terlalu lama dimasak, membuat adoanan pecah dan berubah rasa.
       
            Sambil  googling ternyata tidak menemukan resep singkong yogurt. Setelah membaca tumpukan buku resep, majalah dan tabloid ternyata tidak ada juga. Tapi lumayan setidaknya telah memberikan inspirasi menciptakan resep makanan yang belum pernah saya coba. Adanya resep makanan dengan menggunakan yogurt saja atau dengan singkong saja, akhirnya mencoba menggabungkan resep yang satu dengan resep yang lain. Pertama kali mencoba, donat lalu cake caramel, pengen juga bikin schotel, cendol, bingka, poffertjes dan roti tapi akhirnya saya membuat makanan pencuci mulut atau dessert favorit keluarga kecil saya, karena penggemar banget dengan berbagai pudding saya mencoba membuat pudding panas yogurt singkong terbayang kelembutannya dengan rasa caramel yang khas yang berpadu dengan susu, yogurt Heavenly blush rasa strawberry dan singkong wah…perpaduan yang cocok menurut saya. Waktu membaca yogurt Heavenly blush, bagi saya tidak asing lagi karena saya sering membeli yogurt Heavenly Blush di mini market terdekat yang stoknya selalu ada. Menurut saya yogurtnya sungguh nikmat dan segar, putri kecil mungil saya juga suka sambil minum dengan sedotan disruput segarnya apalagi musim flu yogurt ternyata baik untuk kita minum baik dewasa maupun anak-anak mulai usia 1 tahun. Yogurt ini dianjurkan oleh dokter langganan putri mungil saya karena bermanfaat membantu sistem pencernaan.
   
               O iya, ternyata setelah pudding fresh from my oven ho..ho….hangat pun nikmat apalagi disimpan di lemari es hihiiiii..dingin tambah nikmat, gak percaya hayo buktikan di dapur masing-masing, gak rugi deh pokoknya hihihiii…edisi lebay mode on. 





      St…st…ternyata suami saya ketagihan dan putri mungil saya ternyata suka banget karena pudding yogurt singkong karamel lembut teksturnya terasa halus di lidah, perpaduan rasa legit caramel menciptakan rasa yang tiada tara, apalagi dihidangkan dalam keadaan dingin pokoknya enak ha…ha..tapi ini kembali ke selera masing-masing ya. Oh…betapa senangnya membuat dessert yang simple tetapi menjadi favorit keluarga tercinta. Resepnya terinspirasi dari majalah sedap dan koleksi buku resep saya Yummy and Tasty, Puding Karamel by Zulkayarni Lala Komala, penasaran kan, yuk langsung mencoba resepnya.

Pudding Yogurt Singkong Karamel
Untuk 6 porsi

Bahan caramel:
  • 150 gram singkong parut yang sudah diperas airnya.
  • 75 gram gula pasir
  • 50 ml air
  • 1 sendok teh air jeruk nipis peras

Bahan pudding:
  • 200 ml susu cair
  • 100 ml yogurt heavenly blush rasa strawberry
  • ½ sendok makan maizena
  • 3 butir telur
  • ¼ sendok the garam
  • 100 gram gula pasir
  • ¼ sendok teh vanili
Cara membuat:
  1. Panaskan oven pada suhu 180 derajat celcius, siapkan 6 buah wadah aluminium oil diameter 8 cm yang telah dioles margarin.
  2. Lelehkan gula pasir dalam wajan anti lengket diatas api kecil hingga gula mencair dan berwarna kuning keemasan membentuk karamel. Masukkan air dan perasan jeruk nipis, goyang-goyang wajan hingga gumpalan karamel larut kembali dan agak kental angkat.
  3. Segera tuang gula karamel ke dalam wadah aluminium foil yang sudah disiapkan, ratakan, sisihkan.
  4. Campur susu cair, yogurt dan maizena, aduk rata. Sisihkan. Kocok lepas telur, garam,vanili dan gula pasir. Tambahkan larutan susu cair, yogurt dan maizena sedikit-sedikit sambil diaduk rata lalu saring. Tambahkan parutan singkong lalu diaduk rata.
  5. Tuang ke dalam wadah aluminium foil yang telah dituang karamel tadi. Letakkan wadah aluminium foil di dalam loyang, lalu tuang air mendidih ke dalam loyang setinggi 1/3 dari wadah aluminium foil. Masukkan ke dalam loyang atau biasanya disebut au bain marie. Panggang selama 60 menit atau sampai matang. Perhatikan jangan sampai air di dalam loyang mendidih. Jika mulai mendidih segera kecilkan api oven. Setelah matang angkat. Sajikan. Atau bisa disimpan di lemari es.


Tips :
  1. Penambahan sedikir air jeruk nipis ke caramel gunanya mencegah Kristal dalam airan caramel.
  2. Memasak pudding caramel dengan Au bain marie adalah cara memanggang dengan dua Loyang. Satu Loyang untuk tempat adonan pudding, diletakkan ke dalam satu Loyang lagi yang lebih besar ukurannya dan diisi air sampai kira-kira ½ tinggi loyang pertama. Hasil pemanggangan dengan cara ini, permukaan bisa berwarna coklat tapi pinggirannya terang benderang, lembut dan tidak berkerak.
  3. Cara membuat caramel, panaskan wajan anti lengket sampai merata lalu gula pasir ditaburkan merata jangan sampai ada tumpukan gula agar mencairnya bagus dan tidak bergumpal. Nyala api kecil, tanpa diaduk. Apabila sebagian gula mulai mencair goyang-goyangkan wajan untuk meratakan gula yang belum mencair dan terus panaskan hingga gula meleleh semuanya. Tuangkan air panas dan sedikit air jeruk lalu besarkan apinya menjadi sedang, aduk-aduk dengan sendok kayu sampai caramel mengental atau sampai tingkat warna yang diinginkan, segera matikan apinya. Siap untuk dessert.



Selamat mencoba dan menikmati, semoga berkenan.

6 komentar:

tika hapsari nilmada mengatakan...

Keliatannya seperti pudding karamel ya. :)
Thanks udah ikutan di idfb challenge. Wishing you good luck

Maya Efendy mengatakan...

Betul Mba Tika, ini pudding panas karamel yang kumodif menggunakan singkong & yogurt. Terima kasih juga Mbak Tika senang sekali udah mampir di blogku ya.

Isna Sutanto mengatakan...

Sehati kita yaa mba, aq buat cake caramelnya mba Maya buat pudingnya

Andrie Anne mengatakan...

Ide ciamik Mba, makasi Mba

Regards,
Anne

Maya Efendy mengatakan...

Toss Mbak Isna, sama-sama legit hasilnya ya. Cake karamel favoritku juga, terima kasih udah mampir ya Mbak Isna :)

Maya Efendy mengatakan...

Walaupun sempat bingung karena terlalu banyak ide Mbak Andrie Anne tapi untuk membuktikan hasilnya dari ide ho...ho...perlu waktu karena belum tentu berhasil sesuai keinginan. Terima kasih juga Mbak Andrie Anne :)