Kamis, 17 Oktober 2013

Hari Raya Idul Adha

Takbir tasbih dan tahmid meliputi angkasa raya, hati terenyuh dan tergetar, terima kasih ya Allah, telah memasukkan aku dalam golongan Ibrahim. Selamat Hari Raya Idul Adha buat teman semua, semoga dengan peringatan Hari Raya Qurban ini, keimanan, keikhlasan dan kesabaran kita semakin meningkat serta kembali pulang dengan predikat Haji Mabrur bagi para jamaah Haji. Amin

Saya selalu merasa sedih bila Hari Raya Idul Adha tiba, banyak kenangan yang indah bersama Almarhum kedua orang tua saya hiks….Sebelum hari H selalu menyiapkan semuanya bersama, membuat bumbu-bumbu gule, menyiapkan tusuk sate, menyiapkan peralatan masak memasak, nyiapin lontong. Menyiapkan minuman segar, sebelumnya sudah menyiapkan simple sirup, es koktail, jeruk wedang. Dessert biasanya menyiapkan pudding. Kumpul keluarga besar yang selalu diadakan di rumah. Akhirnya semua itu menjadi kenangan yang terindah.
Tapi rasa sedih itu sudah tergantikan dengan ramenya celotehan si putri mungilku yang selalu  membuatku bahagia, muachhh……Nok Ness…..

Hari raya Idul Adha kali ini kita rayakan di rumah Eyang mami, tapi gak sempet berfoto-foto ria dengan menikmati hidangan bikinannya Eyang Mami. Terima kasih Eyang.
Sampai di rumah, masih ada stok daging kambing. Seperti biasa gak sempet bikin sate akhirnya saya membuat daging kambing ungkep kesukaan alm. Bapak saya dan suami saya. Daging kambing ungkep ini adalah salah satu menu langganan keluarga saya di Pekalongan selain sate kambing, yang memperkenalkan menu ini adalah Alm. Bapak saya. Membuatnya mudah sekali.



Kambing Ungkep

Bahan-bahan :
  • Daging kambing muda kita potong-potong cara motongnya dengan disayat atau potong dadu
  • Kecap.
Bumbu:
  • Kecap
  • Cabe merah iris
  • Cabe rawit iris
  • Bawang merah iris
  • Tomat potong dadu
Cara membuat:
  1. Siapkan sambal kecap, semua bumbu kita campur rata, sisihkan.
  2. Ungkep daging dengan api kecil, saya pake happy call sampai berair. Lalu ungkep terus sampai airnya berkurang dan tinggal sedikit.
  3. Tambahkan kecap lalu kita aduk sampai merata kemudian kita ungkep lagi sampai agak kering dan matang.
  4. Sajikan dengan siram sambal kecap.


Selamat menikmati

2 komentar:

Nely mengatakan...

Selamat Idul adha ya mbak... eh resepnya simple banget, diganti daging sapi enak juga kali ya soalnya ga suka daging kambing :D

Maya Efendy mengatakan...

Selamat Idul Adha juga Mbak Nely, simple tapi maknyus, biasanya klo diganti daging sapi aku bumbuin dulu Mbak Nely trus diungkep, rasa daging kambing & sapi beda Mbak Nely hihihi...aku aja gak berani makan banyak takut hipertensi.