Jumat, 31 Januari 2014

NASI BRONGKOS
(Jawa Tengah)
idfb Challenge #14


Beras adalah bahan pangan pokok masyarakat Indonesia. Idfb challenge #14 ini sungguh menarik yaitu tantangan membuat resep dan makanan berbahan dasar beras yang bekerja sama dengan merek dagang dan pemasok beras organik yaitu PURE GREEN. Beras ini baik untuk kesehatan karena PUREGREEN Organic Rice adalah beras 100% Organik bebas kimia dan pestisida yang sangat sehat dikonsumsi oleh seluruh keluarga. Sejak diluncurkan tahun 2009 PUREGREEN mendapat respon yang luar biasa dari konsumennya. Dan hingga kini PUREGREEN tetap berupaya mempersembahkan beras yang terbaik untuk kesehatan keluarga Anda. Untuk lebih jelasnya bisa langsung ke PURE GREEN Organic Rice



Spesial untuk tantangan idfb challenge #14, saya membuat makanan khas Jawa Tengah yaitu Nasi Brongkos dengan menggunakan bahan beras pandan wangi (Fragrance Rice) PURE GREEN. Beras Organik Pandan Wangi PUREGREEN memiliki aroma khas pandan yang didapat secara alami, bukan hasil penyemprotan pewangi sintestis yang banyak ditemukan di beras-beras lainnya. Dengan metode yang alami serta lingkungan yang mendukung menjadikan Beras Organik Pandan Wangi PUREGREEN memiliki aroma yang sangat harum dan pulen.

Keunggulan lain dari Beras Organik Pandan Wangi PUREGREEN :
- Kandungan nutrisi dan mineral yang tinggi
- Kandungan karbohidrat dan glukosa yang mudah terurai
- Aman untuk penderita diabetes.
- Sangat baik untuk pertumbuhan anak.


Untuk pelengkap Nasi Brongkos saya variasikan sendiri yaitu kerupuk udang, acar nanas, sambal goreng hati ampela ayam, irisan timun dan semur telur. Perpaduan beras pandan wangi PURE GREEN yang pulen berpadu dengan keluak, gurihnya santan, cabai dan kunyit Rasanya sungguh istimewa, unik dan sehat. Apalagi kita santap dengan pelengkapnya wah…..mantap.

Saya memilih resep Nasi Brongkos karena makanan tradisional Jawa Tengah ini sudah mulai langka, mungkin belum sepopuler nasi uduk, nasi goreng, nasi liwet, nasi tutug oncom, nasi timbel padahal rasa nasi brongkos tidak kalah enak  dengan nasi-nasi yang lain lho.
Nasi brongkos ciri khasnya berwarna hitam yang berasal dari biji keluwak/kluwek/pucung/picung/kepayang dan penggunaan bumbu-bumbu yang lain sehingga harumnya membuat saya ingin segera menyantapnya untuk makan siang.

Salah satu keunggulan rasa gurih beras pandan wangi PURE GREEN ternyata terbukti setelah saya mencoba untuk resep ini. Silahkan yang ingin mencoba  beras PURE GREEN bisa kita dapatkan di Hero, Lotte Mart dan supermarket yang lain lebih mudahnya lagi apabila anda tinggal di sekitar Jakarta bisa home delivery lho.

Setelah mendapatkan beras PURE GREEN, kita dapat mencoba aneka resep salah satunya resep dibawah ini.


Nasi Brongkos
Modifikasi resep Maya Efendy

Bahan:
  • 400 gram beras pandan wangi PURE GREEN 
  • 600 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 1 sendok teh asam jawa tambahkan 50 ml air, ambil airnya 2 sendok teh
  • 3 batang serai, dimemarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 5 buah keluak, ambil isinya
  • 200 ml air panas untuk merendam keluak
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis
Bumbu halus:
  • 8 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 buah cabai merah
  • 2 sendok teh ketumbar
  • 2 ½ sendok teh garam

Pelengkap:
  • Kerupuk udang goreng
  • Irisan timun
  • Cabe untuk hiasan
  • Semur telur
  • Sambal goreng hati ayam
  • Acar Nanas
Cara membuat:
  1. Kukus beras sebentar.
  2. Rendam keluak dengan air panas, diamkan 15 menit. Haluskan.
  3. Tambahkan bumbu halus. Aduk rata.
  4. Panaskan minyak. Tumis campuran bumbu halus, daun salam, dan serai sampai harum. Tambahkan beras kukus. Aduk rata. Tuang santan. Rebus sampai terserap. Tambahkan air asam, aduk rata.
  5. Kukus 45 menit di atas api sedang sampai matang.
  6. Sajikan dengan pelengkap.

Semur Telur

Bahan-bahan:
  • 4 butir telur rebus, kupas
  • Kecap secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak secukupnya
 Bumbu iris:
  • 3 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
Cara membuat:
  1. Tumis bumbu iris sampai harum dan matang lalu tambahkan kecap dan gula.
  2. Aduk rata. Tambahkan air secukupnya. Tambahkan garam. 
  3. Masukkan telur.Masak sampai bumbu meresap, mengental dan telur menjadi coklat.
  4. Angkat dan siap menjadi hidangan pelengkap.

Sambal Goreng Hati Ayam

Bahan-bahan:
  • 10 Hati ampela ayam ( cuci bersih, tambah air jeruk nipis diam kan sebentar,lalu rebus dengan lengkuas, garam secukupnya, daun salam lalu tiriskan, potong-potong ).
  • 2 buah Wortel potong dadu
  • 3 Cabe merah besar buang bijinya iris tipis memanjang
  • 400 ml santan kental dar1 ½ butir kelapa
  • Minyak untuk menumis
Bumbu halus:
  • 10 cabe merah besar buang bijinya ( pengen pedes bisa tambah cabe keriting)
  • 8 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • ½ sdt terasi bakar
Bumbu tambahan :
  • 2 batang sere geprek
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 1 ruas lengkuas geprek
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
Cara memasak:
  1. Rebus santan kental sampai mendidih, sisihkan.
  2. Goreng wortel setengah mateng angkat tiriskan, goreng irisan cabe merah sampai layu angkat tiriskan, goreng potongan hati ampela sebentar lalu tiriskan.
  3. Tumis bumbu halus dengan minyak secukupnya masukkan bumbu tambahan masak dengan api sedang sampai matang dan berminyak.
  4. Setelah matang masukkan santan, aduk-aduk, tambahkan garam & gula, masukkan hati ampela yg sudah digoreng sampai menyerap dan mengental.
  5. Masukkan wortel dan cabe iris. Aduk-aduk sebentar.
  6. Siap dihidangkan.
Acar Nanas

Bahan-bahan:
  • 1 buah nanas kupas bersih rendam dengan air garam, potong dadu.
  • 1 buah cabe merah besar potong-potong
  • 1 buah cabe hijau besar potong-potong
  • 1 buah tomat potong-potong dadu
  • Minyak untuk menumis
  • Daun salam koja secukupnya
  • Daun salam
  • Lengkuas 
Bumbu halus:
  • 5 butir kemiri sangrai
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • ½ sendok teh merica butiran
  • 2 ruas kunyit sangrai
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya
Bumbu iris:
  • 4 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
 Cara membuat:
  1. Tumis bumbu iris dengan minyak sampai harum, tambahkan bumbu halus, daun salam dan lengkuas tambahkan air sedikit. Tambahkan garam dan gula. 
  2. Masak sampai bumbu matang, tambahkan nanas, cabe hijau iris, cabe merah iris, tomat, masak sampai layu. 
  3. Tambahkan salam koja. Masak sampai bumbu meresap dan mengental.
  4. Angkat dan siap untuk hidangan pelengkap.
Cara penyajiannya:
Siapkan piring atau tempat yang dialasi dengan daun pisang,
Cetak nasi brongkos, bentuk sesuai selera. Letakkan di atas daun pisang.
Tata dengan hidangan pelengkapnya dan tambahkan garnis.
Sajikan dan selamat menikmati.



Selamat mencoba dan menikmati d

10 komentar:

Elsye Suranto mengatakan...

Aaaaaaa.... kerennnn, langsung lap ilert.. thanks yaa udah ikutannn

Isna Sutanto mengatakan...

lengkap banget ini mba, bikin aku lapaaaarrr... hehee

about mengatakan...

Whuaaaa, aku doyan banget Brongkos. Tapi nggak pernah kepikiran untuk langsung mencampur bumbu brongkos ke dalam nasi kayak begini. Thanks idenya! Definitely akan nyobain. *minta kiriman kluweknya dulu ^^*

Ou, salam kenal btw. Saya Vina. Tadi liat link ini dari album IDFB Challenge #14! Good luck.

-V-

Maya Efendy mengatakan...

Mbak Elsye, terima kasih udah mampir ya, he...he...ayo sini mbak Elsye makan bareng nasi brongkos, biar gak ngiler he...he...

Maya Efendy mengatakan...

Ayo makan yang banyak Mbak Isna....biar gak laper he..he..Terima kasih udah mampir ya?

Maya Efendy mengatakan...

Salam kenal juga Vina, silahkan mencoba resepnya dan ternyata rasa nasi brongkos enak, unik dan istimewa ha..ha...ini menurut suami saya, semoga resepnya berkenan dan semoga sesuai selera ya. Btw terima kasih udah mampir di pawon Ayu, good luck juga buat Vina.

dentistvschef mengatakan...

wow, kirain tadi pake beras hitam....
aku juga penggemar masakan ber kluwek kayak rawon dan gabus pucung!!!
pasi gurhi ya nasinya, pake santan plus kluwek!

Maya Efendy mengatakan...

Terima kasih udah mampir ya dentistvchef, ini pake beras pandan wangi pure green, betul hitamnya pake kluwek, toss kita kompak suka masakan berkluwek. Gurih dan lebih berminyak karena kluwek. Klo beras hitam mahal he...he...
:)

Monica Rampo mengatakan...

Mba Maya, seperi biasa gambarnya bagus..mba enak kyknya ya nasi ini..kapan-kapan mau juga cb ah mba..

Maya Efendy mengatakan...

Terima kasih Mbak Monica, ayo silahkan mencoba semoga sesuai selera ya Mbak :)