Rabu, 10 September 2014

TRIPLE CHOCO BROWNIES SUNGAI CHOCOLATOZ


Wow......virus brownies bertebaran di FB, apalagi brownies aliran sungai. Saya ikut penasaran apalagi lihat motif aliran sungai dari coklat masak leleh dan batu-batuan dari chocochips. Sebenarnya seperti brownies panggang lainnya ya. Yang menarik perhatian ternyata motifnya. Rasanya nyoklat, chewy di dalam crust di atasnya. Rasanya menurut saya enakkkkk dan terlalu manis sedikit. Lebih suka lagi karena ada tambahan gula palm. Bakalan bikin lagi hanya gula pasir saya kurangin sedikit.

Setelah membaca kisah dari pembuatan brownies ini, awalnya karena tanpa disengaja ada sisa lelehan coklat, dari pada terbuang sayang akhirnya dibikinlah guratan diatas brownies ini dan setelah matang ternyata bagaikan aliran sungai. Muncullah brownies sungai chocolatoz by Ummu Allegra. Karena brownies ini terbuat dari tiga jenis coklat yaitu coklat masak atau coklat blok, coklat bubuk dan chocochips, terciptalah nama Triple Choco Brownies Sungai Chocolatoz. Hebat ya idenya Ummu Allegra, dan terima kasih sharing resepnya.

Awalnya saya melihat postingan blognya mbak Nina, akhirnya tertarik untuk segera menyajikan cemilan Nok Ness dan ayah. Ternyata suka ya iyalah full coklat pasti doyan pake banget. he...he...Bundanya gak berani makan banyak takut berat badan nambah. Maklum dalam rangka diet, semoga berhasil. Amin.....






TRIPLE CHOCO BROWNIES SUNGAI CHOCOLATOZ
Resep: Ummu Allegra

Bahan:
  • 3 butir telur ayam
  • 200 gram gula pasir
  • 125 gram gula palem (gula merah yang dicincang kecil)
  • 115 ml minyak goreng
  • 1-2 sdt vanili bubuk atau vanili pasta
  • 100 gram coklat blok (dark cooking chocolate) cincang,lelehkan
  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 25 gram coklat bubuk 
  • 1/2 sdt baking powder (skip)
  • 3/4 sdt soda kue (skip)
  • chocochips secukupnya
Cara membuat :
  1. Siapkan loyang 22x22x4 oles minyak, alas dengan kerta roti. sisihkan, Panaskan oven suhu 190°C. Kocok telur, gula pasir, gula palem, vanili, dengan mikser kecepatan paling rendah, cukup 2-3 menit saja, hanya sampai gula cukup larut saja. Saat dikocok, mikser harus digerakkan bolak balik, jangan searah. 
  2. Campur dan ayak tepung terigu, bubuk coklat, soda kue dan baking powder jika pake.Tambahkan ke adonan sedikit-sedikit sambil dimikser bolak balik hingga rata atau bisa diaduk dengan spatula bergantian dengan chocochips. Masukkan minyak, aduk rata. Masukkan sebagian chocochips, aduk rata.
  3. Tuang coklat masak leleh. Sisakan sekitar 2 sendok makan untuk topping motig guratan membentuk pola aliran sungai. 
  4. Tuang adonan ke dalam loyang yang telah kita siapkan. Buat motif aliran coklat leleh diatasnya dengan menggunakan sendok buat gurat2 dengan spatula atau sendok.Taburi sisa chocochips
  5. Panggang dengan suhu 190°C selama 25 menit letakkan loyang di rak paling atas. Turunkan suhu 150°C pindahkan loyang di rak tengah. Panggang selama 20 - 25 menit. Jangan memanggang lebih dari 25 menit jika tekstur browniesnya ingin chewy di dalam crust di atasnya. 
  6. Angkat, dinginkan lalu potong-potong. Sajikan.

Tips:
  • Awal pemanggangan loyang diletakkan di rak paling atas dengan suhu tinggi, agar shiny crust lapisan atas brownies terlihat cantik.
  • Apabila menginginkan tekstur yang lebih kering, waktu pemanggangan bisa ditambah. Yang penting sesuai selera masing-masing ya.
  • Pemanggangan dengan suhu 20-25 menit apabila brownies masih terasa empuk, setelah dikeluarkan dari loyang dinginkan, brownies akan set dengan sendirinya. Lebih enak jika dimakan keesokan harinya.
SELAMAT MENCOBA DAN MENIKMATI


7 komentar:

Mama Aisyah mengatakan...

Cakeeep bgt browniesnya mbaa
*mata belo*
Jd pengen bikin juga :))

Maya Efendy mengatakan...

Terima kasih, silahkan mencoba Mama Aisyah...Insya Allah hasilnya bisa lebih cakep :))

Mama Aisyah mengatakan...

Udah nyoba nih mba, ga pake BP dan BS juga. Alhamdulillah ga ambles
Tapi kok sungainya ga bisa secantik punya mba Maya ya, beda tangan beda hasil tyt wkwkw
Makasih sharing resepnya yaa

Maya Efendy mengatakan...

Alhamdulillah udah nyobain ya Mama Aisyah, ah masak sih... bikinan mama Aisyah so pasti lebih cantik. Sama-sama ya :)

Anonim mengatakan...

mba...jd total waktu bakingnya 45-50 mnt ya itu?

Maya Efendy mengatakan...

Betul mbak

Anonim mengatakan...

Salam kenal mbak Maya, blog nya sungguh bagus, resep n fotonya bikin ngiri... hiks saya belum bisa...;( Mbak, saya belum tahu bagaimana melepaskan kertas roti seusai kita memanggang brownies atau cake yang lain.... apa kue ditengkurapkan dulu di piring .. selanjutnya kertas dilepas.. dan ambil piring ke2, kue dibalikkan kembali... maaf nih mbsk karena belum pernah ikut kursus masak... trimakadih..