Jumat, 17 Oktober 2014

BROWNIES PISANG


Alhamdulillah waktu itu menjalin silaturahmi dengan mbak Endang uban, mbak Ellen, mbak Rina Rinso dan Lian. Kita maksibar di Bobara Depok. Sebelumnya saya ke padepokannya mbak Endang sambil membahas tentang Brownies dan ternyata kita sama-sama favoritnya brownies panggang. Nah, akhirnya kita ngobrol ngalor ngidul sampailah ke topik bahasan brownies pisang. Wah bikin penasaran, katanya mbak Endang uenakkkk. Sebenarnya saya udah lama ngelirik resep brownies pisang di blognya mbak Hesti. Dan mba Endang membuat berdasarkan resep di blognya mbak Nina. Asal resep ternyata dari Blog mbak Endang Just Try & Taste, aslinya brownies kukus.

Resep ini recomended banget, ternyata hasil brownies pisang ini tidak terlalu padat setelah digigit ternyata lembut dan moist. Aroma wangi pisangnya terasa. O iya saya tambahkan kopi bubuk, rasa coklatnya ternyata lebih keluar, ini juga atas saran dari blognya mbak Hesti. Putri kecilku Alhamdulillah doyan banget. Menurut suami saya, browniesnya enak pake banget.Ternyata kata mbak Endang Uban terbukti bener-bener uenakkkk, super yummy menurut saya manisnya pas.


BROWNIES PISANG

Bahan-bahan :
  • 100 gr tepung terigu protein sedang
  • 1/2 sdt baking powder
  • 20 gr coklat bubuk
  • 1 sdt kopi bubuk (tambahan dari saya)
  • 1/2 sdt garam
  • 150 gr dark cooking chocolate, cincang
  • 3 sdm butter ( 50 gr )
  • 125 gr gula pasir
  • 1/2 sdt vanila
  • 300 gr pisang ambon lumatkan
  • 2 butir telur ukuran besar, kocok lepas
  • 25 gr white cooking chocolate cairkan (tambahan dari saya)
Cara membuat:
  1. Panaskan oven 170'C. Siapkan loyang 20x20, oles tipis dengan margarin alasi dengan kertas roti oles tipis lagi dengan margarin. Sisihkan.
  2. Ayak tepung terigu dengan baking powder, garam, coklat bubuk dan kopi bubuk. Sisihkan.
  3. Tim dark cooking chocolate menggunakan double boiler dengan api kecil hingga meleleh. Angkat.
  4. Aduk coklat dengan baloon whisk hingga licin. Masukkan gula pasir, butter dan vanila, aduk hingga semua bahan larut dan halus. Jika terlalu kental bisa ditim kembali sebentar hingga menjadi agak lumer.
  5. Masukkan pisang yang sudah dilumatkan ke dalam campuran coklat. Aduk rata.
  6. Masukkan telurkocok. Aduk hingga halus.
  7. Masukkan campuran tepung secara bertahap. Aduk perlahan hingga rata.
  8. Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan permukaannya lalu tuang white cooking chocolate cair secara acak, lalu dengan bantuan lidi coret coret bentuk marmer.
  9. Panggang selama kurang lebih 35-40 menit atau hingga matang dan tidak lengket ketika tes tusuk.
  10. Keluarkan dari oven dan dinginkandi atas rak kawat.
  11. Potong sesuai selera. Sajikan.



Selamat mencoba dan menikmati

6 komentar:

Laura mengatakan...

Maaf mba, itu dcc nya bkn nya 150gr ya...:-)

Maya Efendy mengatakan...

@Laura, terima kasih koreksinya. Betul sekali bukan 10 gram tapi 150 gram. Ngetik angkanya sambil ngantuk :)

Anonim mengatakan...

Halo mba, saya ipit lg, yg coment di brownies klasik. Brownies klasiknya udh sy praktekin mba, dan berhasil enak,fudgy dan shiny sprt yg sy harapkan..makasih ya mba udh share resepnya.

Klu utk brownies pisang ini teksturnya gmana mba?.. sprti cake atau fudgy kyk brownies klasik itu?..sejujurnya sy penggemar fudgy brownies.

Diήά̲̣γ̥ά̲̣ήτi mengatakan...

Sya bru nyoba puding casablancanya mba ternyata enyak...enyak...manisnya pas dan resepnya pun mudah dipahami karna cara pemaparan mba bagus, ♣"̮♡м̲̅α̲̅κ̲̅α̲̅s̲̅ī̲н̲̅♡"̮ ♣ mba

Maya Efendy mengatakan...

Halo mbak Ipit, maaf baru balas ya, terima kasih udh praktek brownies klasik, Alhamdulillah cocok ya mbak.
klo brownies pisang menurut saya teksturnya lembut seperti cake karena menggunakan pisang. Silahkan mencoba mbak Ipit, jadi tahu hasilnya. Enak mbak wangi pisang & coklat :)

Maya Efendy mengatakan...

Terima kasih juga Mbak Dinayanti, Alhamdulillah resepnya mudah dipahamin dan hasilnya sesuai selera ya mbak, turut senang :)